Peserta yang dinyatakan LULUS
jalur UMPN (jalur Ujian tulis) Tahun 2017
Politeknik Manufaktur Negeri Bandung



Baca Selengkapnya

POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG
cart
PROGRAM D4

Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur

Program pendidikan Sarjana Terapan dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Teknik Mesin dan Manufaktur, yang mampu untuk :
1. Menentukan proses dan kendali manufaktur secara tepat dan efisien
2. Menerapkan teknik produksi berdasarkan kaidah mutu,
3. Menggunakan, menerapkan & memperbaiki sistem manufaktur dan sistem produksi modern.
4. Mengembangkan teknik, metoda dan proses dengan memanfaatkan teknologi baru, norma dan standar yang berlaku

VISI
Menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan dengan kualitas unggul, bermartabat dan inovatif dalam pengembangan, pengalihan dan penerapan iptek dalam bidang manufaktur yang berorientasi pada pasar kerja nasional dan internasional.

MISI
• Menyelenggarakan pendidikan yang mengantisipasi perkembangan iptek yang pesat dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dunia industri;

• Mengembangkan dan menerapkan iptek untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat dunia industri;

• Menumbuhkan kemampuan profesinalisme, potensi kewirausahaan, maupun kemandirian di bidang kerekayasaan dalam lingkup nasional dan regional Asia serta memiliki moral dan integritas kepribadian yang tinggi.

Dengan pendekatan "Manufacturing Integrated Education" mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendalami pengetahuan di bidang manufaktur melalui keterlibatan langsung dalam proses rekayasa, pengembangan produk serta proses produksi yang ada.

Program Studi Perancangan Manufaktur

Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari POLMAN Bandung berupaya untuk menjawab visi-misi POLMAN Bandung melalui pembuakaan program studi baru Perancangan Manufaktur dengan ;

VISI
Sebagai program studi unggul dalam pendidikan tinggi vokasi bidang perancangan manufaktur di Indonesia yang terdepan pada penerapan teknologi perancangan manufaktur yang diakui dunia.

MISI
1. Menyelesaikan pendidikan terapan yang berkelanjutan ya g efektif dan efisien
2. Menghasilkan lulusan sebagai perancang produk/mesin/tool inovatif, supervisor konstruksi mekanik, berjiwa wirausaha (enterpreneur), dan dapat berperan aktif di tingkat nasional/internasional;
3. Memberikan kontribusi positif kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah/swasta maupun industri melalui pengembangan produk dan layasan dalam bidang perancangan manufaktur di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

PROFIL LULUSAN
1. Mampu merancang konstruksi mekanik secaradetail sesuai spesifikasi perancangan konstruksi yang dipilih, yaitu Produk Manufaktur (Product Design), Desain Mesin (Machine Design), dan Desain Perkakas Presisi (Tool Design) dengan metodlogi perancangan tertenttu.
2. Menguasai penggunaan perangkat lunak CAD (Computer Aided Design) 3D-modeling
3. Mampu menghasilkan Virtual Prototype, Motion Simulation and Animation (Computer Aided Engineering) dalam membantu menganalisis rancangan secara fungsi dan kesesuaiannya dengan spesifikasi teknis yang terdefinisi.

Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi

VISI
Pengembangan dan penerapan teknologi rekayasa otomasi mengarah pada pengintegrasian dan optimasi sistem pada industri manufaktur.

MISI
• Menyelenggarakan pendidikan tinggi terapan Diploma-4 di bidang teknologi rekayasa otomasi yang mengacu kepada kebutuhan industri manufaktur berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan YME.
• Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang teknologi rekayasa otomasi.
• Melakukan inovasi dan pengembangan teknologi rekayasa otomasi manufaktur sehingga hasil-hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
• Melakukan kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan karya tepat guna di bidang teknologi rekayasa otomasi

PROFIL LULUSAN
Automation Engineer (Eng. Technologist)
Sebagai engineer pada bidang otomasi suatu perusahaan meliputi bidang kontrol, manufaktur, teknologi informasi, dan manajemen.

Trainer in Automation Technology
Sebagai pelatih di bidang teknologi otomasi yang mampu menjelaskan dan melakukan penilaian terhadap fungsi operasi dan integrasi dari berbagai macam sistem, perangkat dan piranti berbasis sistem elektromekanik yang digunakan di sistem otomasi manufaktur.

Technopreneur
Sebagai entrepreneur modern yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi otomasi sebagai basis pengembangan usaha.

Junior Manager
Sebagai manager di industri otomasi


Updated : POLMAN © 2015. Allright Reserved